PENGERTIAN
RPP TEMATIK
Makalah ini
disusun untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah “Pembelajaran tematik”
Disusun Oleh:
Feriyananingtyas (210609060)
Dosen Pengampu:
Kurnia
Hidayati .M.Pd,
JURUSAN TARBIYAH
PROGAM STUDI PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)PONOROGO
2011
A.
Pengertian
Rpp tematik
Rencana
pelaksanaan prosedur pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan
prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar
yang ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
Lingkup
rencana pelaksanaan pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar
yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau
lebih.
B.
Kompenen
Rpp tematik
·
Identitas
mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan ditematikkan, kelas, semester,
Tema, minggu/ hari, dan waktu/ banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan)
·
Kompetensi
dasar dan indikator yang akan dilaksanakan
·
Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari
siswa-siswi dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
·
Langkah
pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan
siswa-siswi dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar
untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan inti tertuang dalam
kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.
·
Alat
dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta
sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan
kompetensi dasar yang harus dikuasai.
·
Penilaian
dan tindak lanjut (instrument dan prosedur yang akan digunakan untuk menilai
pencapaian belajar siswa-siswi serta tindak lanjut hasil penilaian)
C.
Perbedaan
Rpp mata pelajaran dan Rpp tematik
Rpp mata pelajaran
|
Rpp tematik
|
Tercantum identitas kelas
|
Tercantum identitas kelas
|
-
|
Terdapat tema
|
-
|
Terdapat sub tema
|
Tercantum minggu/ hari
|
Tercantum minggu/ hari
|
Adanya alokasi waktu
|
Adanya alokasi waktu
|
Hanya terdapat 1 kompetensi dasar
dan hanya untuk 1 mata pelajaran
|
Terdapat beberapa kompetensi
dasar dari beberapa mata pelajaran
|
Tercantum indicator
|
Tercantum indicator
|
Adanya tujuan pembelajaran
|
Adanya tujuan pembelajaran
|
Adanya materi pokok
|
Adanya materi pokok
|
Tercantum metode
|
Tercantum metode
|
Terdapat langkah pembelajaran
(kegiatan awal, inti, penutup)
|
Terdapat langkah pembelajaran
(kegiatan awal, inti, penutup)
|
Terdapat alat/ bahan/ sumber
|
Terdapat alat/ bahan/ sumber
|
Adanya penilaian
|
Adanya penilaian
|
Pada
dasarnya prinsip-prinsip pengembangan RPP tematik tetap memuat
komponen-komponen sebagimana umumnya, hanya saja dalam RPP tematik penting
memperlihatkan keterkaitan rumusan-rumusan komponen tersebut dengan tema yang
telah ditetapkan.
Contoh format RPP tematik
Mata pelajaran :
Kelas/ Semester :
Tema :
Minggu/ Hari :
Alokasi waktu :
Standar kompetensi :
Kompetensi dasar :
Indikator :
Tujuan :
Materi pokok :
Metode :
Langkah pembelajaran :
Kegiatan
awal
Kegiatan
inti
Kegiatan
akhir
Alat/Bahan/ Sumber :
Penilaian :
D. Menyusun RPP tematik
RENCANA PELAKSANAAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Displin
Kelas /
Semester : III / I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar kompetensi
Matematika
:2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
Bahasa
Indonesia :3. Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring
Ilmu
pengetahuan alam :1. Mengenal cara memelihara lingkungan agar
tetap sehat
II.
Kompetensi dasar
Matematika
:2.1 Menentukan waktu (pagi, siang,
malam hari dan jam (secara bulat)
Bahasa Indonesia :3.1
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Ilmu
pengetahuan alam :1.3
Membiasakan hidup sehat
III.
Indikator
Matematika
:2.1.1 Mengetahui cara menetukan
waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
:2.1.2 Menjelaskan cara menentukan
waktu waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
Bahasa indonesia :3.1.1
Membaca kalimat sederhana yang telah di baca nyaring dan lafal dan intonasi yang tepat
:3.1.2
Menjelaskan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Ilmu
pengetahuan alam : 1.3.1 Mengetahui cara hidup sehat
1.3.2
Mendiskripsikan cara hidup sehat
IV.
Tujuan pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan :
1. Siswa
mampu mengetahui cara menetukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara
bulat)
2. Siswa
mampu menjelaskan cara menentukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam
(secara bulat)
3. Siswa
mampu membaca kalimat sederhana yang telah dibaca dengan lafal dan intonasi
yang tepat
4. Siswa
mampu menjelaskan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
5. Siswa
mampu mengetahui cara hidup sehat
6. Siswa
mampu mendiskripsikan cara hidup sehat
V.
Materi ajar (materi pokok)
Cara hidup sehat dan menentukan waktu hidup displin
VI.
Metode pembelajaran
Ceramah, penugasan, reading aloud, poster comment,
demontrasi, card short
VII.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan
ke-1
Waktu
|
Langkah Pembelajaran
|
Metode / Strategi
|
Sumber / Alat / Bahan
|
4’
|
Kegiatan Awal :
§ Guru membuka
pelajaran dengan salam dan do’a (karakter siswa yang diharapkan relijius)
§ Guru
menanyakan kabar siswa
|
Ceramah
|
|
6’
|
Apersesi :
§ Guru
menanyakan jam berapa kalian bangun pagi ?
§ Guru
bertanya lagi jam berapa kalian pulang sekolah ?
§ Berapa
kali kalian mandi ?
|
||
Kegiatan inti
|
|||
5’
|
§ Guru
menempelkan gambar yang berkaitan dengan cara menjaga hidup sehat dan gambar tentang cara-cara
yang tidak menjaga
hidup sehat
|
Poster
comment
|
·
Gambar
·
Doble tip
·
Kertas plano
|
5’
|
§ Guru meminta
siswa untuk mengamati gambar dipapan tulis
|
Penugasan
|
§ Gambar
|
5’
|
§ Guru
membagikan kertas dan di suruh menggelompokkan cara-cara menjaga agar hidup
sehat dan menggelompokkan cara-cara hidup sehat
|
Card short
|
§ Kertas
|
3’
|
§ Guru
menyuruh beberapa siswa untuk maju ke
depan dan membacakan apa yang dituliskan
|
Demonstrasi
|
§ Hasil
tugas
|
6’
|
§ Guru
membacakan materi tentang menjaga hidup sehat dan waktu kapan menjaga hidup
sehat
|
Ceramah
|
|
5’
|
§ Guru
meminta siswa membaca secara acak
|
Penugasan
|
|
3’
|
§ Guru
membagikan potongan kertas yang berupa gambar jam dinding dan tulisan
kegiatan sehari-hari
|
Card short
|
§ Kertas
bergambar
|
5’
|
§ Murid
di suruh menjodohkan sesuai gambar jam tersebut
|
Penugasan
|
Kertas
bergambar
|
2’
|
§ Guru
memberi penguatan kepada siswa tentang
materi yang telah diberikan
|
ceramah
|
|
Pertemuan ke- 2
|
|||
8’
|
Kegiatan Awal :
§ Guru
membuka pelajaran dengan salam dan do’a
§ Guru
menanyakan kabar siswa
|
Ceramah
|
|
10’
|
Apersesi :
§ Menyanyikan
lagu bangun tidur
§ Apa
saja cara menjaga hidup sehat yang sudah kita pelajari kemarin apa saja ?
§ Waktunya
makan dan mandi kapan ?
§ Kita
akan belajar dengan tema “displin”
|
Tanya jawab
|
|
Kegiatan inti
|
|||
2’
|
§ Guru
membagi 3 kelompok
|
||
1’
|
§ Guru
membagikan materi dan disuruh untuk mendiskusikan
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
3’
|
§ Guru menyuruh
memprentasikan ke depan kelas
|
Penugasan
|
Hasil tugas
|
2’
|
§ Guru
memberi penguatan materi yang sudah dipelajari
|
Ceramah
|
Kegiatan akhir
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/
Strategi
|
Sumber / Alat / Bahan
|
3’
|
Refleksi:
§ Guru
memanggil 1 siswa untuk maju kedepan untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari
|
Presentasi
|
|
3’
|
RTL
§ Guru
menyuruh siswa menuliskan jadwal kalian dirumah di lengkapi dengan waktu
mengerjakannya dan cara hidup sehat apa saja yang sudah kalian lakukan
dirumah (pertemuan 1
|
Ceramah
|
|
2’
|
§ Siswa
disuruh mengerjakan soal evaluasi
|
Penugasan
|
Soal evaluasi
|
5’
|
§ Absensi : menanyakan siapa yang tidak masuk ?
|
Ceramah
|
|
2’
|
§ Guru
menutup pelajaran
|
Ceramah
|
VIII.
Alat dan sumber belajar
Gambar, kertas warna, doble tip,
kertas plano, spidol
IX.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
|
2.1.1 Mengetahui cara menetukan waktu
(pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
2.1.2 Menjelaskan cara menentukan waktu
pagi, siang, malam hari dan jam (secara
bulat)
|
Tes tulis
(pilihan
ganda)
|
Terlampir
|
3.1.1
Membaca kalimat sederhana yang telah
di baca nyaring dan lafal dan intonasi yang
tepat
3.1.2 Menjelaskan kalimat sederhan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Tes
tulis
(uraian
singkat )
|
Terlampir
|
1.3.1
Mengetahui cara hidup sehat 1.3.2Mendiskripsikan cara hidup sehat
|
Tes
tulis
(pilihan
ganda)
|
Terlampir
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas 3
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP…………………
DAFTAR PUSTAKA
Lapis PGMI, paket 13
Lapis PGMI, paket 13
5 komentar:
mbak Feri,, saya mau mnambahkan ni.. Sebaiknya dalam langkah pembelajaran dicantumkan mata pelajaran yang relevan dengan materi pokok yang akan dipelajari hari itu. Suwuun.......
saya menambahkan hendaknya dalam format rpp tematik saudara hendaknya diberikan identitas sekolah, secara rinci serta dalam kegiatan pembelajaran disertakan kegiatan awal, inti, dan penutup.
Apa yg dimaksud dg tematik?
Casino & Resort in Atlantic City goes live with a new
The Borgata Hotel Casino & Spa is launching 오프 후기 a new resort and casino in Atlantic 카판 City next 강원랜드바카라 month. It will feature more 토토 랜드 같은 사이트 than 500 먹튀검증 먹튀프렌즈 table games, a luxury spa,
Wynn's Las Vegas resorts now open in limited time
casino resorts that are now open 속초 출장샵 in limited 창원 출장안마 time, 인천광역 출장마사지 Wynn Resorts says 보령 출장샵 in a press release. "We're excited to announce the launch of the 인천광역 출장샵
Posting Komentar