Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

pengertian Rpp tematik




PENGERTIAN RPP TEMATIK

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah “Pembelajaran tematik”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjb1JrFRyyoZhCNODvfrfpvgqxpH9lPJqtwHGdaYkSFJRkMi3MFvqHu1yef1T2wVE0sHgF2Wo8M7N5Hi4BPc6kUdn4h26xzKc0TUCyoKIfx5hVBIPoh3Satbwv-_yOVfg6NByGx7Y_v/s1600/stain+po.jpg
Disusun Oleh:
Feriyananingtyas   (210609060)


Dosen Pengampu:
Kurnia Hidayati .M.Pd,

JURUSAN TARBIYAH
PROGAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
SEKOLAH  TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)PONOROGO
2011

A.    Pengertian Rpp tematik
Rencana pelaksanaan prosedur pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
Lingkup rencana pelaksanaan pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
B.     Kompenen Rpp tematik
·         Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan ditematikkan, kelas, semester, Tema, minggu/ hari, dan waktu/ banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan)
·         Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan
·         Materi  pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa-siswi dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
·         Langkah pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa-siswi dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan inti tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.
·         Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
·         Penilaian dan tindak lanjut (instrument dan prosedur yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa-siswi serta tindak lanjut hasil penilaian)
C.     Perbedaan Rpp mata pelajaran dan Rpp tematik
Rpp mata pelajaran
Rpp tematik
Tercantum identitas kelas
Tercantum identitas kelas
-
Terdapat tema
-
Terdapat sub tema
Tercantum minggu/ hari
Tercantum minggu/ hari
     Adanya alokasi waktu
Adanya alokasi waktu
Hanya terdapat 1 kompetensi dasar dan hanya untuk 1 mata pelajaran
Terdapat beberapa kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran
Tercantum indicator
Tercantum indicator
Adanya tujuan pembelajaran
Adanya tujuan pembelajaran
Adanya materi pokok
Adanya materi pokok
Tercantum metode
Tercantum metode
Terdapat langkah pembelajaran (kegiatan awal, inti, penutup)
Terdapat langkah pembelajaran (kegiatan awal, inti, penutup)
Terdapat alat/ bahan/ sumber
Terdapat alat/ bahan/ sumber
Adanya penilaian
Adanya penilaian
            Pada dasarnya prinsip-prinsip pengembangan RPP tematik tetap memuat komponen-komponen sebagimana umumnya, hanya saja dalam RPP tematik penting memperlihatkan keterkaitan rumusan-rumusan komponen tersebut dengan tema yang telah ditetapkan.
Contoh format RPP tematik
Mata pelajaran                         :
Kelas/ Semester                       :
Tema                                       :
Minggu/ Hari                           :
Alokasi waktu                         :
Standar kompetensi                :
Kompetensi dasar                   :
Indikator                                 :
Tujuan                                     :
Materi pokok                           :
Metode                                    :
Langkah pembelajaran            :
            Kegiatan awal                        
            Kegiatan inti              
            Kegiatan akhir
Alat/Bahan/ Sumber                :
Penilaian                                  :
                       
D. Menyusun RPP tematik  

RENCANA PELAKSANAAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Tema                           : Displin
Kelas / Semester          : III / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

                   I.            Standar kompetensi                     
Matematika                                   :2.  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
Bahasa Indonesia                          :3.  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring 
Ilmu pengetahuan alam                 :1.  Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat 
                II.            Kompetensi dasar
Matematika                                     :2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
    Bahasa Indonesia                            :3.1 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
    Ilmu pengetahuan alam                 :1.3  Membiasakan hidup sehat
             III.            Indikator  
Matematika                                    :2.1.1 Mengetahui cara menetukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
                                                            :2.1.2 Menjelaskan cara menentukan waktu waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
Bahasa indonesia                            :3.1.1 Membaca kalimat sederhana yang telah di baca   nyaring dan lafal dan intonasi yang tepat
                                                              :3.1.2 Menjelaskan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Ilmu pengetahuan alam                       : 1.3.1 Mengetahui cara hidup sehat
                                                                  1.3.2 Mendiskripsikan cara hidup sehat
             IV.            Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini diharapkan :
1.    Siswa mampu mengetahui cara menetukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
2.    Siswa mampu menjelaskan cara menentukan waktu (pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
3.    Siswa mampu membaca kalimat sederhana yang telah dibaca dengan lafal dan intonasi yang tepat 
4.    Siswa mampu menjelaskan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
5.    Siswa mampu mengetahui cara hidup sehat
6.    Siswa mampu mendiskripsikan cara hidup sehat
                V.            Materi ajar (materi pokok)
Cara hidup sehat dan menentukan waktu hidup displin
             VI.            Metode pembelajaran
Ceramah, penugasan, reading aloud, poster comment, demontrasi, card short
          VII.            Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke-1
Waktu
Langkah Pembelajaran
Metode / Strategi
Sumber / Alat / Bahan
4’
Kegiatan Awal :
§  Guru membuka pelajaran dengan salam dan do’a (karakter siswa  yang diharapkan relijius)
§  Guru menanyakan kabar siswa

Ceramah

6’
Apersesi :
§  Guru menanyakan jam berapa kalian bangun pagi ?
§  Guru bertanya lagi jam berapa kalian pulang sekolah ?
§  Berapa kali kalian mandi ?


               Kegiatan inti

5’

§  Guru menempelkan gambar yang berkaitan dengan cara menjaga hidup  sehat dan gambar tentang  cara-cara
yang tidak menjaga hidup           sehat

Poster
comment



·         Gambar

·         Doble tip
·         Kertas plano



5’
§  Guru meminta siswa untuk mengamati gambar dipapan tulis
Penugasan

§  Gambar
5’
§  Guru membagikan kertas dan di suruh menggelompokkan cara-cara menjaga agar hidup sehat dan menggelompokkan cara-cara hidup sehat 
Card short
§  Kertas
3’
§  Guru menyuruh  beberapa siswa untuk maju ke depan dan membacakan apa yang dituliskan
Demonstrasi
§  Hasil tugas
6’
§  Guru membacakan materi tentang menjaga hidup sehat dan waktu kapan menjaga hidup sehat
Ceramah

5’
§  Guru meminta siswa membaca secara acak
Penugasan

3’
§  Guru membagikan potongan kertas yang berupa gambar jam dinding dan tulisan kegiatan sehari-hari
Card short
§  Kertas bergambar
5’
§  Murid di suruh menjodohkan sesuai gambar jam tersebut
Penugasan
Kertas
bergambar
2’
§  Guru memberi penguatan kepada siswa tentang  materi yang telah diberikan
ceramah


Pertemuan ke- 2


8’
Kegiatan Awal :
§  Guru membuka pelajaran dengan salam dan do’a
§  Guru menanyakan kabar siswa
Ceramah

10’
Apersesi :
§  Menyanyikan lagu bangun tidur
§  Apa saja cara menjaga hidup sehat yang sudah kita pelajari kemarin apa saja ?
§  Waktunya makan  dan mandi kapan ?
§  Kita akan belajar dengan tema “displin”
Tanya jawab


Kegiatan inti


2’
§  Guru membagi 3 kelompok


1’
§  Guru membagikan materi dan disuruh untuk mendiskusikan
Penugasan
Tugas tertulis
3’
§  Guru menyuruh memprentasikan ke depan kelas
Penugasan
Hasil tugas
2’
§  Guru memberi penguatan materi yang sudah dipelajari
Ceramah


Kegiatan akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ Strategi
Sumber / Alat / Bahan
3’

 Refleksi:
§  Guru memanggil 1 siswa untuk maju kedepan untuk merefleksikan  apa yang telah dipelajari
Presentasi

3’
RTL
§  Guru menyuruh siswa menuliskan jadwal kalian dirumah di lengkapi dengan waktu mengerjakannya dan cara hidup sehat apa saja yang sudah kalian lakukan dirumah (pertemuan 1
Ceramah

2’
§  Siswa disuruh mengerjakan soal evaluasi
Penugasan
Soal evaluasi
5’
§  Absensi  : menanyakan siapa yang tidak masuk ?
Ceramah

2’
§  Guru menutup pelajaran
Ceramah


       VIII.            Alat dan sumber belajar
Gambar, kertas warna, doble tip, kertas plano, spidol
             IX.            Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk instrumen
2.1.1 Mengetahui cara menetukan waktu
(pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
2.1.2 Menjelaskan cara menentukan waktu
pagi, siang, malam hari dan jam (secara bulat)
Tes tulis
(pilihan ganda)

Terlampir
3.1.1 Membaca kalimat sederhana yang telah
di baca nyaring dan lafal dan intonasi yang 
tepat
   3.1.2 Menjelaskan kalimat sederhan dengan
   lafal dan intonasi yang tepat
Tes tulis
(uraian singkat )
Terlampir
1.3.1 Mengetahui cara hidup sehat                   1.3.2Mendiskripsikan cara hidup sehat
Tes tulis
(pilihan ganda)
Terlampir


Mengetahui

                       Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas 3



                 ……………………….                                              ……………………….
              NIP………………………                                            NIP…………………






DAFTAR PUSTAKA

Lapis PGMI, paket 13












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS